Candi Pawon – Wisata Sejarah Yang Menarik Untuk Dikunjungi

bagikan

Wisata Candi Pawon – Pada masa lalu, Indonesia masih di kuasai oleh kerajaan besar yang mana sangat berpengaruh. Agama Buddha serta Hindu juga jadi dominan semenjak awal abad di Nusantara. Terbukti dengan adanya banyak candi yang masih berdiri tegak sampai saat ini. Khususnya yaitu di pulau Jawa Tengah seperti Candi Borobudur yang sudah sangat terkenal.

Candi-Pawon-Wisata-Sejarah-Yang-Menarik-Untuk-Dikunjungi

Tidak hanya Candi Borobudur, ada juga sejumlah candi lain yang dapat anda kunjungi serta tidak kalah indahnya. Salah satunya yaitu Candi Pawon yang lokasinya sendiri begitu dekat dengan Candi Borobudur. Candi ini mungkin tidak begitu terkenal, namun mempunyai daya tarik yang harus anda lihat sendiri dari dekat. Jika anda tertarik untuk tahu lebih jauh tentang wisata ini, maka simak ulasa berikut :

Sejarah Tentang Candi Pawon

Candi Pawon merupakan nama dari sebuah candi yang berada di Kabupaten Magelang. Selain itu, Candi Pawon ini ada di antara Candi Mendut serta Candi Borobudur, tepatnya yaitu berjarak 1750 meter. Yaitu dari Candi Borobudur ke arah bagian timur serta 1150 meter dari Candi Mendut ke arah bagian barat.

Candi Pawon tidak bisa di ketahui dengan pasti tentang asal usulnya. Namun ahli epigrafi J.G. de Casparis menafsirkan bahwa Candi Pawon ini berasal dari bahasa Jawa awu yang artinya abu. Di mana mendapat awalan pa- lalu akhiran -an yang mana menunjukkan suatu tempat.

Baca Juga : Grojogan Sewu – Wisata Alam Air Terjun Yang Indah Di Jateng

Dalam bahasa Jawa sehari-hari, kata pawon sendiri berarti dapur, namun de Casparis mengartikannya menjadi ‘perabuan’ atau tempat abu. Lalu penduduk setempat juga menyebutkan Candi Pawon yaitu  dengan nama Bajranalan. Kata ini mungkin saja berasal dari kata bahasa Sansekerta yaitu vajra = halilintar serta anala = api.

Candi Pawon di pugar pada tahun 1903. Suatu hal yang sangat menarik dari Candi Pawon yaitu beragam hiasnya. Dinding-dinding yang ada di luar candi dihias dengan relief pohon hayati (kalpataru) yang mana di apit oleh pundi-pundi. Serta kinari-kinari (makhluk setengah manusia setengah burung).

Akses Wisata Candi Pawon

Candi-Pawon-Wisata-Bersejarah-Yang-Menarik-Untuk-Dikunjungi

Wisata sejarah candi pawon ini berada di Brojonalan, Dusun 1, Wanurejo, Kec. Borobudur, tepatnya di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lalu, untuk bisa masuk ke wisata ini, anda harus membayar tariff masuk. Di mana untuk Wisatawan domestik sebesar Rp 10.000 dan Wisatawan asing senilai Rp 20.000. Harga tiket masuk Candi Pawon ini sangatlah terjangkau sehingga budget liburan anda bisa lebih murah. Jadi ada banyak dana yang dapat anda alokasikan ke kegiatan lain. Sementara untuk waktu berkunjung yaitu pada hari Senin sampai Minggu sejak pukul 09.00 hingga 17.30 jatengland.id.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *