Taman Nasional Karimunjawa – Wisata Alam Yang Indah Di Jateng

bagikan

Taman Nasional Karimunjawa adalah tempat konservasi ekosistem yang ada di Kepulauan Karimunjawa. Selain itu, Taman nasional ini berada di bagian di utara Pulau Jawa. Lalu secara administrasi masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pengelolaan Taman Nasional Karimunjawa ini terdiri dari 3 zona, yaitu zona inti, zona perlindungan serta zona pemanfaatan.  Total luas wilayah TN Karimunjawa ini mencapai hingga 111.625 hektare, yang mana secara umum terbagi kedalam 9 zona.

Taman-Nasional-Karimunjawa-Wisata-Alam-Yang-Indah-Di-Jateng

Luas wilayah taman nasional ini sendiri mencakup daratan pada Pulau Karimunjawa dengan luas 1.285,50 hektare. Daratan Pulau Kemujan yaitu 222,20 hektare serta perairan 110.117,30 hektare. Pengelolaan kawasan TN Karimunjawa ini di mulai pada tahun 1986 ketika di tetapkan sebagai cagar alam laut.  Dua tahun setelahnya, tepatnya yaitu pada tanggal 29 Februari 1988, kawasan ini lalu di tetapkan sebagai Kawasan pelestarian Alam.

Status kawasan kemudian jadi taman nasional itu di mulai pada tanggal 22 Februari 1999 yaitu dengan nama Taman Nasional Karimunjawa. Zonasi pada TN Karimunjawa baru saja di tetapkan pada tahun 2005. Tetapi pada tahun 2012 di lakukan perubahan zonasi yang mana berlaku sampai dengan saat ini.

Flora dan Fauna

Sebagai taman nasional, kawasan TN Karimunjawa ini menyimpan berbagai aneka ragam hayati yang di lindungi. Tentunya dari segi flora, terdapat tiga tumbuhan yang di lindungi pada kawasan ini. Di antaranya yaitu Pohon Kalimasada, Pohon Dewandaru serta Pohon Stigi. Sementara dari segi fauna di TN Karimunjawa ada sejumlah hewan baik dan hidup pada daratan maupun di air.

Fauna daratan terdiri dari trenggiling, rusa, ular, landak, bangau tongn-tong, elang laut dada putih sampai dengan wedi-wedi. Sementara fauna air pada kawasan ini yaitu berupa terumbu karang, karang lunak, spons, kerang merah, akar bahar, penyu hijau, sisik sampai dengan ikan hias.

Potensi Wisata

Taman-Nasional-Karimunjawa-Wisata-Alam-Yang-Paling-Indah-Di-Jateng

Seperti taman nasional pada umumnya, kawasan TN Karimunjawa juga pas untuk di jadikan sebagai destinasi wisata edukatif untuk masyarakat. Pada kawasan ini ada potensi wisata, seperti berkunjung ke pulau-pulau yang ada, snorkeling, tracking, dan sebagainya. Salah satu tempat wisata pada TN Karimunjawa yaitu keindahan suasana alam pantainya. Yang mana sudah tersebar di sejumlah pulau.

Pantai pada kawasan ini antara lain seperti Pantai Batu Topeng, Pantai Ujung Gelam, Pantai Bunga Jabe. Juga Pantai Batu Hitam sampai dengan Pantai Batu Merah. Pengunjung yang hobinya menyelam juga dapat menikmati keindahan alam di bawah laut pada kawasan ini. Terumbu karang yang ada di Taman Nasional Karimunjawa juga masuk dalam gugusan karang tepi. Tentunya dengan 63 genera dari 15 keluarga karang yang keras bekapur jatengland.id.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *